Kuliah

Penapati De Poli (Penarikan Akar Pangkat Tiga dengan Pola Lingkaran)

PENAPATI DE POLI

(Penarikan Akar Pangkat Tiga Dengan Pola Lingkaran)

Oleh Winda Purnamasari (0902197)

Pend. Matematika/B

8

Standar Kompetensi   : Memahami sifat-sifat operasi hitung bilangan dan  penggunaannya dalam pemecahan masalah

Kompetensi Dasar       : Menggunakan sifat-sifat operasi pangkat dan akar pada operasi bilangan bulat

Kelas/ Semester            : VII/ I

Tujuan                              : Mengetahui akar pangkat tiga dari suatu bilangan

Alat dan Bahan

Alat

  1. Gunting
  2. Penggaris
  3. Cutter
  4. Gerinda
  5. Gergaji
  6. Obeng
  7. Tang
  8. Palu

Bahan

  1. Akrilik
  2. Triplek
  3. Multiplek
  4. Duplek tebal
  5. Duplek tipis
  6. Supercon
  7. Kertas Lipat
  8. Lem (double tape, solatif, fox, alteco)
  9. Stiker bening
  10. Baud
  11. Mur
  12. Engsel
  13. Stiker Spotlight
  14. Velcro
  15. Paku
  16. Cat
  17. Kayu bingkai

Cara Pembuatan

Pembuatan Papan Pengerjaan

  • Siapkan multiplek dan triplek  berukuran 54cmx64cm
  • Lubangi multiplek pada bagian tengah berukuran 40cmx10cm. lubang ini berfungsi sebagai jalan untuk  mengecek jawaban
  • 2Lubangi triplek berukuran 10cmx8cm sebanyak 2 lubang, yakni pada bagian atas dan bawah

2

  • Tempelkan multiplek dan triplek tadi dengan menggunakan lem kayu, diamkan 1 malam
  • Setelah multiplek dan triplek benar-benar melekat, tempelkan supercon pada bagian alas, agar tampak lebih rapi

3

  • Siapkan Akrilik berbentuk lingkaran yang berdiameter 21cm sebanyak 2 buah
  • Akrilik yang satu adalah untuk puluhan, sehingga beri kertas lipat yang bertuliskan 103=1000, 203=8000  sampai 1003=1000000
  • Sedangkan akrilik yang satu lagi adalah untuk satuan, sehingga beri kertas lipat yang bertuliskan 13=1, 23=8  sampai 103=1000

4

  • Kedua akrilik tersebut ditempelkan pada papan yang sudah dilapisi supercon tadi
  • Siapkan dua buah akrilik berbentuk tanda panah lalu tempelkan di sebelah kanan dari kedua lingkaran tersebut
  • Buatlah akrilik berukuran 10cm x 0.5 cm x 8 cm. Setelah itu buatlah akrilik berukuran 10cm x 0.5 cm x 4 cm, lalu tempelkan secara bertumpuk
  • Buatlah akrilik berukuran 12cm x 10cm lalu tempelkan pada supercon dengan engsel akrilik
  • Siapkan stiker spotlight yang sudah bertuliskan “PENAPATI DE POLI, Soal, (akar pangkat tiga), Cek Hasil, Puluhan, Satuan” lalu gunting dan tempelkan pada papan
  • Setelah selesai, potong bingkai untuk melapisi papan tersebut
  • Cat bingkai tersebut dengan menggunakan cat berwarna cokelat, diamkan 1 malam
  • Tempelkan bingkai tersebut dengan menggunakan paku sampai benar benar melekat

Pembuatan Kartu Soal dan Kartu Jawaban

  • Siapkan duplek tebal untuk soal berukuran 8cmx5cm sebanyak 90 buah
  • Siapkan duplek tipis untuk jawaban berukuran 8cmx5cm sebanyak 90 buah
  • Print soal dengan menggunakan kertas hvs sebanyak 90 buah dan jawaban sebanyak 90 buah lalu gunting sesuai ukuran duplek tersebut
  • Siapkan stiker bening berukuran 10cmx7cm
  • Tempelkan stiker bening beserta soal  ke duplek tebal. Sedangkan untuk jawaban, tempelkan stiker bening beserta jawaban ke dupek tipis. Lakukan sampai soal ada 90 buah dan jawaban ada 90 buah
  • Pasangkan Soal dan jawaban tersebut dengan menggunakan velcro yang diberi lem fox pada bagian belakang soal dan bagian depan jawaban

6Pembuatan  Penyangga atau tempat penyimpanan Kartu Soal dan Kartu Jawaban

  • Siapkan rangka multiplek untuk membuat balok berukuran 27 cm x 10cm x 8cm
  • Paku dan beri engsel pada bagian atas balok tersebut agar dapat dibuka dan ditutup
  • Cat balok tersebut mengunakan cat berwarna coklat lalu paku ke papan
  • Selain tempat penyimpanan kartu, penyangga ini juga membuat alat peraga dapat berdiri7

Cara Penggunaan

Misal akan dicari akar pangkat tiga dari 148.877

  1. Masukkan soal yang bertuliskan 148.877 kedalam tempat soal, sedangkan jawabannya masukkan ke belakang tempat soal (nanti jawaban akan jatuh ke lubang “cek hasil”)
  2. Perhatikan lingkaran puluhan. Carilah pada lingkaran puluhan yang nilainnya kurang dari 148.877 dan yang paling besar, ternyata diperoleh nilai 125.000 yang merupakan nilai dari 503. Jadi bilangan puluhannya adalah 50
  3. Perhatikan nilai satuan pada bilangan 148.877. Nilai satuannya adalah 7
  4. Perhatikan  lingkaran satuan. Carilah nilai yang hasil pangkat tiga itu ujungnya angka 7, didapat 33 = 27. Berarti nilai satuannya adalah 3
  5. Diperoleh puluhan = 50 dan satuan = 3. Jumlahkan angka tersebut, sehingga 50+3= 53
  6. Sehingga didapat  = 53
  7. Coba buka penutup “cek hasil”, jika pada cek hasil ternyata benar 53, maka jawaban anda benar
  8. Jangan lupa utu menempelkan kembali soal dan jawaban yang tersedia ke kotak penyimpanan soal, agar tidak tertukar dengan soal lain.

 

 

Oleh : Winda Purnamasari_0902197_Pend. Matematika/B

13 tanggapan untuk “Penapati De Poli (Penarikan Akar Pangkat Tiga dengan Pola Lingkaran)”

  1. selamat malam mbak winda…..bleh ga qta nanya mngenai alat peraga yg mbak punya,,,,soalx kita sedikit bingung dengan alat prgaa,, kalo ga kberatan bsa ga mnta nomor hpnya skarang byar kita nelpon aja…..

  2. mbk mau tanya boleh?,,saya masih bingung teknik penggunaan soal dan jawaban yang pada alat peraga mbk.apakah itu menggunakan sitem buka tutup soal dan jawaban ato jawaban bisa jatuh sendiri??terimakasih mbk.
    saya boleh minta ID twitter mbk?

    1. Jadi sebenarnya saya sudah menyiapkan satu soal beserta jawaban…dimana saat menampilkan soal,ada lubang khusus untuk jawaban…agar dapat di cek… (hmmmh bagaimana yaa menjelaskannya…hehe…saya membuat lobang saluran khusus di dalam multiplek sehingga jawaban akan terjatuh sedangkan soal tetap ada di atas)…boleh boleh mbak ini twitter saya @_wiind_ salam kenal mbak 🙂

    1. Dijatuhkan biasa saja mbak Vidya…jadi sebenarnya ada 2 kartu yg direkatkan.. Ketika satu kartu dimasukkan ke kolom soal,sebenarnya satu kartu lain(kartu jawaban) di jatuhkan ke “saluran tersembunyi” dan saat itu perekat nya dibuka hingga jatuh ke kolom jawaban…(ini sebenarnya trik saya saja) supaya bisa cek jawaban…tapi itu tergantung yg buat aja siih…heheee

      Okaaay…trims sudah follow…:D
      Kuliah dimana mbak?

  3. mba winda, saya juga mau ngambil alat peraga ini buat penelitian. boleh ya? Btw. ini alat peraga mba winda sendiri yang ciptain? atau ada referensi lain? Terimakasih.

Tinggalkan komentar